No Day Like Monday

September 23, 2008

Seperti biasa hari Senin, setelah libur sabtu-minggu, bawaannya ngantuk n sulit untuk bangun. Tapi hari ini lain dari hari biasanya karena saya dibangunkan oleh panasnya terik matahari … hehehe. Memasuki bulan 8, bulan terpanas di Jepang menguras banyak tenaga dan keringat, karena ga perlu bergerak aja udah keringatan karena kepanasan.

Sindrom hari Senin ini saya rasa semua udah pernah merasakannya. Malas untuk ke sekolah atau malas untuk bekerja. Padahal kalau direnungin, harusnya kita bersyukur masih bersekolah dan bekerja pada hari Senin dibandingkan banyak temen-temen kita yang ga bisa bersekolah dan bekerja sehingga tiap hari adalah hari libur. Kebanyakan libur juga menyebalkan karena bikin otak jadi mandek dan kondisi tubuh makin loyo karena kebanyakan tidur :)

Apa sih yang bikin kamu ga seneng dengan hari Senin dan bagaimana bisa mengubah kondisi tersebut ? Saya coba list berdasarkan pendapat saya yah  

  1. Kecapean main sepanjang sabtu-minggu.  Kenapa kita diberi 2 hari libur selama seminggu. Agar hari Sabtu kita aktivitas sepuas-puasnya dan hari Minggu kita istirahat sebaik-baiknya. Itu nasihat agar bisa menikmati kerja dari minggu hari pertama dari atasan H&R saya ketika saya masuk perusahaan. Jadi jangan maruk diembat semuanya buat keluyuran tapi kasih juga waktu buat private time, buat istri, buat anak. Btw, nasihat ini ga berlaku buat orang-orang yang bekerja juga hari sabtu dan minggu.
  2. Usahakan menjaga ritme hidup. Kebiasaan begadang sampai tengah malam atau sampai bagi bahkan ada yang ga tidur dan molor tidur sampai siang merusak ritme hidup sehari-hari anda. Tubuh anda akan kesulitan untuk bisa mengubah lagi ke ritme yang normal dan karenanya hari senin kamu masih ngantuk dan ga bisa berkonsentrasi ketika bekerja atau belajar. Jangan tidur terlalu malam dan usahakanlah untuk bangun seperti biasa atau tidak lebih dari tambahan tidur 2 jam. Lebih baik bangun pagi, aktifitas dan tidur siang. Tidur siang 1-2 jam sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh.
  3. Jangan makan terlalu banyak !!! Mulai dari Jumat malam sampai Minggu banyak orang yang melampiaskan kejenuhan bekerja/belajarnya dengan makanan diembat full course mulai dari kue-kue basah, ayam bakar, ice-cream, snack, cendol … etc kecuali sampah hehehe … . Makan banyak dalam waktu singkat bisa membuat metabolisme tubuh tidak seimbang dan kadang berefek ke kondisi badan.
  4. Isilah hari sabtu-minggu dengan aktivitas yang menggunakan otak. Kalau otak kamu ga dijalanin selama hari sabtu-minggu dan hanya diisi dengan tidur, nonton tv, surfing internet, alias aktivitas-aktivitas yang sedikit menggunakan otak akan membuat otak kamu berat untuk naik mesin lagi. Cobalah isi waktu libur kamu dengan membaca, menganalisa keuangan keluarga, bermain hal2 yang membutuhkan kreativitas seperti catur misalnya, menulis blog juga baik. Ada lebih baiknya lagi kamu mulai memanaskan otak kamu dengan mulai mencanangkan hal-hal apa saja yang akan dikerjakan selama satu minggu ini di kantor atau sekolah pada hari minggu malam sebelum tidur .

Categories: Daily Life.

Comment Feed

9 Responses

  1. emang hr senin rasanya males bgt untuk kerja ato kuliah kecuali di kampus ada yang nunggu kekekek….

  2. lupa….

    salam kenal mas…

  3. Kegiatan hari Sabtu dan Minggu saya justru ga produktif…. tidur dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore… :D har har har… membayar tidur-tidur di hari non-weekend yg cuman 3-4 jam.

  4. @ rio … met kenal juga, moga2 dengan menerapkan tips2 saya, kamu bisa semakin semangat di hari senin

    @ didik … waduh itu namanya nabung jam ngantuk diwaktu hari biasa dan membuka celengan di hari sabtu minggu yah … hati2 bro, kalau ritme nya gitu terus kamu bisa jomlo seumur hidup .. hehehehe

  5. Gengki desuka
    Saya seang hari Senin, terutama Senin yang ini … karena jumpa sahabat hebat dari Jepun, salam hangat penuh semangat :D

  6. Halo Teman, gimana pasti udah aktif kembali bekerja ya
    OK selamat berjuang dan keep fighting …
    salam dari palangkaraya – kalimantan tengah

  7. Ehm rupanya 2 rekan saya sudah duluan kunjung di web ini yah…
    So pasti sedang lembur untuk ganti hari kerja selama di jakarta itu yah. Posting donk perjalanannya dari jepang ke indonesia sampai ke jepang lagi.

    Salam hangat dari yogya.

  8. ciah alfaApril 1, 2009 @ 8:29 am

    moga setelah ini saya merindukan hari senin…

  9. Helma StJune 1, 2009 @ 6:59 am

    setelah baca argumen anda, mdh2an sy bs mencintai hari senin



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.